Ospek, Move On Donk!!!

Orientasi Pengenalan Kampus adalah hal seakan wajib untuk di ikuti oleh seluruh mahasiswa baru. Acara ini merupakan awal bagi MaBa untuk mengenal kehidupan baru mereka yaitu kuliah di kampus dengan teman dan suasana baru. Secara teori, Ospek sangatlah penting bagi setiap MaBa. Saya juga selaku salah satu kakak tertua di jurusan, sangat mengapresiasi akan adanya orientasi ini. kemudian pertanyaan muncul, OSPEK yang bagaimana sih? 
Apa Ospek yang mainstream yang saban tahun kita lihat ? Ataupun ospek yang arahnya lebih ke orientasi pengenalan pendidikan di awal masuk kuliah? Menurut saya ada dua klasifikasi Ospek yang ada di tempat saya kuliah yaitu sebagai berikut:
A. Ospek Mainstream
Yang dimaksud dengan terminologi Ospek Mainstream adalah format acara yang begitu-begitu saja. Ospek Mainstream adalah ospek yang sejak tahun 90an hingga sekarang yang hanya melahirkan lagu “potong bobok ongso” sebagai hukuman. Adalah ospek yang diharuskan memakai atribut yang tidak jelas sebagai patokan kedisiplinan dan kepatuhan. Per-polonco-an yang demikian selalu dikait-kaitkan dengan pemantapan mental dan kesigapan dalam menghadapi setiap tantangan. Ah, sudahlah. Tak perlu saya jelaskan panjang lebar, takut ada yang kurang setuju.

B. Ospek Anti-Mainstream
Adalah ospek yang formatnya dibuat sebaik mungkin dan berhubungan dengan disiplin ilmu yang di pelajari. Semisal, kamu kuliah di jurusan yang disiplin ilmunya tentang keagamaan, bisnis, ataupun pendidikan. Seyogyanya gaya ospeknya harus berkenaan dengan disiplin ilmu mereka. Kalau mahasiswa pendidikan di-Ospek seperti mahasiswa tehnik, kan gak mungkin dan gak nyambung. Begitu juga dengan format Ospek mahasiswa dengan disiplin ilmu lainnya.
Kesimpulannya, dari setiap cara Ospek itu harus up to date dan sesuai dengan keadaan disiplin ilmu yang mereka pelajari. Sudah selayaknya kita move on dari gaya lama ke format baru. Jika zaman saja sudah move on, kenapa kita gak?

Comments

Popular posts from this blog

(Karena) Lelaki itu Tukang Olah

Jampok

Bansa Teuleubeh +