Selamat, Husnul.

Sumber Gambar : Dok. Pribadi Husnul Khatimah
Surat ini ku tulis untuk kamu pelita desa yang tak mau menyerah untuk memperdulikan keadaan anak bangsa. Tidak banyak anak muda sepertimu yang mau untuk mengambil bagian memikirkan nasib anak-anak penerus urat nadi untuk pembangunan daerah. Seorang intelektual yang aku lupa namanya pernah berkata, untuk memajukan suatu daerah kita harus membangun sumber daya manusia. Dan jalan satu-satunya adalah melalui peningkatan pendidikan. Dan kamu melakukannya dengan baik. Banyak orang mungkin menilainya kamu sudah gila. Dan menurutku kamu benar-benar gila. Karena kamu membenamkan dirimu untuk benar-benar gila demi pendidikan anak-anak di tempatmu.
Bagi ku dan banyak teman-teman seumuran denganmu, kamu adalah representatif anak bangsa yang tidak mengenal lelah demi meraih cita-cita luhur. Cita-cita luhur untuk meningkatkan kualitas dan daya saing anak bangsa kelak. Tidak sedikit keringat yang kau peras, juga tidak sedikit air mata yang kau tumpahkan demi keberhasilan mereka, anak-anak desa yang kurang terjamah pendidikan yang layak. Berbicara tentang cemoohan, aku sudah malas untuk mendeskripsikannya. Anggap sajalah itu gula pemanis untuk penyulut agar semangatmu tidak habis di tengah jalan.
Selaku salah satu pengajar (ah aku malu mengatakannya) yang pernah sekali waktu menampakkan diri di rumah sekolahmu merasa sangat bangga atas pencapaianmu, Teman. Semangatmu, kesabaranmu, kegigihanmu. Tidak banyak anak manusia seumuranmu mampu melakukannya. Begitu juga denganku. dan yang lebih membanggakan lagi kamu adalah seorang perempuan.
Dan pada akhirnya, kami, teman-temanmu hanya bisa mengucapkan Selamat dengan penuh rasa bangga untukmu, terkhusus untuk lembaga pendidikan yang bangun dari nol dengan penuh dedikasi demi satu tujuan yaitu mencetak generasi penerus yang tangguh. Aku rasa kamu sudah berhasil melakukan itu. Selamat untukmu, Husnul Khatimah Adnan. Tetap semangat.

Comments

Popular posts from this blog

(Karena) Lelaki itu Tukang Olah

Jampok

Bansa Teuleubeh +